Jumat, 30 April 2010

Film Kartun Upin & Ipin


Film "Upin & Ipin adalah film kartun kesukaan putraku (Valiant) & putriku (Natasya). Tiap hari.... tiap episode.... mereka selalu nonton TV yg disiarkan oleh TPI.
Bahkan kadang-2 sering di ulang-2, tetapi putra putriku tidak pernah bosan melihatnya. Dan mereka juga membeli stick yg bergambar upin & Ipin kemudian menirukan cara permainannya sesuai di film tersebut.

Ceritanya menarik & patut di contoh karena di film tsb juga di ajarkan cara membaca do'a waktu berpuasa & berbuka puasa. Bagaimana godaan-2 yg di hadapi saat merasa haus & dahaga waktu berpuasa. Terus diajarkan juga tentang sholat teraweh & tentang malam lailatul qodar. Malam yg penuh dengan nikmat & barokah dari Allah.

Sebenarnya sih banyak sekali pesan moral yang perlu dilihat dan dicontoh oleh anak-anak dan orang tua kita. Bagaimana seorang anak menghargai apa dan bagaimana puasa itu, sembari tetap beraktifitas seperti bermain.

Dan untuk orang tua juga, agar dapat meniru cara mendidik dan mengajarkan beribadah yang baik kepada anak-anaknya. Upin dan Ipin adalah film animasi yang dibuat oleh Les Copaque, sebuah industri media di Selangor, malaysia. Film animasi keluarga ini menceritakan tentang kehidupan 2 orang anak malaysia dalam kehidupan sehari-harinya. Dalam film animasi ini dimunculkan etnik-etnik yang ada di Malaysia. Ada Etnik Melayu, China maupun India.

Settingnya sendiri akan membawa kita berada ditengah pedesaan yang syarat dengan silaturahmi beragama. Peleburan Kultur yang beragam tanpa ada jarak sangat kental terasa. Seolah memastikan bahwa Islam benar-benar Agama yang terbuka dan berdampingan dengan aliran lain.

Bahasa yg digunakan adalah berdialek Malayu, tapi masih banyak persamaan dgn bahasa Indonesia sehingga kita dengan mudah menyerap maksud dan tujuannya. Dan justru, dialek mereka yang saya suka, karena terkadang bisa menggelikan….betul...betul...betul...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar