Rabu, 12 Mei 2010

Tugu Pahlawanku


Surabaya adalah kota kelahiranku, sampai sekarang aku masih betah tinggal di Surabaya. Yang dilambangkan oleh patung Suro dan Boyo.

Kata “ SURABAYA “ juga sering diartikan secara filosofis sebagai lambang perjuangan antara darat dan air, antara tanah dan air. Selain itu dari kata Surabaya juga muncul mitos pertempuran antara ikan Suro (Sura) dan Boyo (Baya atau Buaya), yang menimbulkan dugaan bahwa nama Surabaya muncul setelah terjadinya peperangan antara ikan Sura dan Buaya (Baya)

Tau ga kenapa Surabaya di namakan "Kota Pahlawan"
Menurut sejarah, di Surabaya banyak Pahlawan yang gugur dalam Pertempuran melawan penjajahan Belanda. Oleh karena itu di bangunlah sebuah Tugu Pahlawan yang terleatk di Jl. Pahlawan Surabaya.


Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi ciri kas kota Surabaya. Monumen ini setinggi 45 meter, memiliki sisi sebanyak 10 bidang.
Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Belanda yang hendak menjajah Indonesia kembali.


Tugu Pahlawan merupakan salah satu icon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November, karena pada Tgl.10 November 1945 banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

Kemudian di bangun juga Patung Presiden & Wakil Presiden Pertama Indonesia yaitu Bp. Soekarno & Bp. Hatta yang sedang membacakan teks Proklamasi.  Setiap hari sabtu & minggu pagi di area Lapangan Tugu Pahlawan banyak sekali yang berjualan. Pemandangannya jadi seperti pasar tradisional.  Para pengunjung pada sibuk menawar barang-2 dagangan tersebut.

Tetapi sayang .... hanya sedikit yang tertarik untuk melihat keindahan bangunan Tugu Pahlawan & Patung Bp. Soekarto-Bp.Hatta, padahal di sana juga terdapat museum.  Alangkah lebih baiknya jika di sekolah mulai di canangkan agar para siswanya lebih mengenal berbagai macam peninggalan sejarah. Dan lebih menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur demi bangsa & negara Indonesia.

Kebetulan minggu pagi  kami ada waktu luang utk jalan-2 kembali ke Tugu Pahlawan bersama Valiant & Natasya. Dan kami juga mulai mengenalkan bahwa Tugu Pahlawan merupakan ciri khas kota Surabaya sebagai kota Pahlawan.

Natasya, Kak Valiant & Kak Rizky saat berada di Tugu Pahlawan, 
Wuiiih .... rukun yach ......




Tidak ada komentar:

Posting Komentar